VNC
syaiful
Pengertian

VNC (Virtual Network Connections) adalah software yang dapat digunakan untuk meremot, melihat aktivitas dari suatu komputer dan berinteraksi dengan satu komputer melalui komputer lain dalam jaringan lokal maupun internet. Manfaat dari VNC ini dapat mempermudah pengawasan system kerja.
Keungulan VNC di bandingkan dengan software lainnya :
1. Multi platform, server ini dapat di gunakan dengan baik di lingkungan Windows,Linux,Beos,Macintos, Unix dll. Dan penggunaanya pun juga dapar dilakukan secara koontas platform. VNC client dan VNC Server saling di akses misalnya dari sistem Windows ke sistem Linux maupun sebaliknya.
2. Client-server. Terdiri dari apikasi server dan client dan harus di instal di kedua sisi.
3. HTTP support. VNC dapat di akses menggunakan default port 5900 atau 5901.untuk TCP maupun port 5800 atau 5801 untuk HTTP. Jadi sebuah VNC server juga dapat diakses oleh VNC client menggunakan sebuah browser seperti Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer dengan menggunakan java aplet.
4. Transparan. Apabila sebuah komputer Windows dipasang VNC server, akan muncul sebuah icon kecil logo VNC di sebelah kanan taskbar yang akan berubah warna apabila komputer tersebut sedang diakses. VNC juga mengharuskan kita memasang password untuk bisa diaktifkan. Sebelum password dipasang, ia tidak akan mau bekerja.
5. Across internet. Cukup dengan mengetahui nomor IP address dan password VNC tujuan maka kita dapat memperlakukannya menjadi program semacam PC Anywhere untuk mengontrol komputer dari jarak jauh melalui internet.
6. Open Source. C bersifat Open Source dengan lisensi GPL (General Publik License). Dalam arti, kita bisa dengan leluasa menggunakan dan mendistribusikannya.
VNC di Windows Xp

Installasi VNC di Windows Xp
Menginstal VNC pada Windows Xp tidaklah terlalu sulit hanya dengan menjalankan file executable instalasinya. Dan menginstalnya singkat . semisal kita menggunakan vnc-3.3.7-x86_win32.exe.
Berikut adalah cara menginstall VNC pada Operating System Windows Xp:
1. Double klik pada file instalasinya, misalnya : VNC.3.3.7-x86_win32.exe.
2. Setelah tampilan window welcome & muncul jebdela lisensi, kemudian kita akan diminta memasukkan lokasi software & komponen apa saja yang dipilih.
3. Kemudian setelah menentukan folder untuk start menu, instalisasi akan meminta kita untuk memilih beberapa opsi tambahan berupa pembuatan icon di desktop & mendaftarkan sebagai system service
4. Setelah tampilan review, proses instalasi akan berjalan sampai selesai. Setelah itu kita akan diminta memasukkan password untuk dapat menjalankan service-nya dan memberi check pada bagian Accept Socket Connections. Enable Java Viewer akan mengaktifkan kemampuan akses VNC menggunakan Java aplet. Sedangkan beberapa opsi lain adalah untuk disconnect & tampilan secara remote. Setelah click Apply & OK maka instalasi VNC server & client di Windows XP telah selesai dan dapat langsung digunakan.
5. Service VNC di Windows telah dapat digunakan baik sebagai server maupun client.
VNC di LINUX



Installasi VNC di Linux (OpenSuse 11.0)
Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall VNC di Linux Opensuse 11.0 :
1. Pilih dan klik Computer> Control Center pada desktop gnom
2. Klik Remote Desktop
3. . Ketika jendela Remote Desktop Preferences muncul, silakan ikuti diagram di bawah ini

NetMeeting
Secara default, Aplikasi NetMeeting pada Operating Sistem Windows XP tersembunyi. Aplikasi NetMeeting ini digunakan untuk membuat virtual meeting, untuk keperluan sharing data pada internet atau intranet, dan share video anda dengan user/pengguna lain dalam area yang luas/jarak jauh.
Installasi NetMeeting
Berikut adalah cara menginstall NetMeeeting
1. Klik menu Start dan pilih Run.
2. Ketik Conf lalu klik OK.
3. Jika muncul jendela konfigurasi NetMeeting, klik Next.
4. Masukkan data personal anda, lalu klik Next.
5. Pilih Directory dan klik Next.
6. Pilih Media Koneksi dan klik Next.
7. Konfigurasi shortcut sesuai dengan pilihan anda dan klik Next
8. Klik Next untuk pilihan konfigurasi volume dan klik Next lagi untuk konfirmasikan bahwa mikrofon anda bekerja.
9. Klik Finish.
10. NetMeeting siap untuk digunakan.
| edit post
Reaksi: